×

Contact Us

Memahami setiap detail dalam perjanjian sewa ruang kantor adalah hal yang sangat penting. Karena ada berbagai persyaratan hukum, anda juga tidak ingin terhalangi oleh ruang fisik yang anda tempati ketika bisnis anda berkembang. Ini adalah keputusan besar yang memiliki dampak besar pada kesuksesan bisnis anda. Anda juga dapat mempertimbangkan keterlibatan seorang pengacara, untuk membantu anda memahami lebih baik tentang persyaratan sewa dan perjanjian sewa anda. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang harus anda tanyakan sebelum Anda menandatangani kontrak sewa kantor bisnis.

Biaya mebel

Tidak setiap ruang kantor untuk disewakan sudah termasuk biaya menyewa perabot kantor. Hal ini akan menimbulkan biaya tambahan, sementara pembelian peralatan kantor juga akan mengambil sejumlah besar uang. Untuk alasan ini, adalah hal yang sangat penting untuk menanyakan apakah sewa kantor akan mencakup biaya furnitur. Selain itu, tidak adanya furnitur yang dipasang berarti Anda tidak akan dapat langsung membuka kantor untuk bisnis dan mungkin memerlukan lebih banyak waktu hingga semuanya siap.

Layanan apa yang termasuk dalam sewa?

Anda harus mengetahui fasilitas apa saja yang termasuk dalam harga sewa, seperti layanan kebersihan dan pemeliharaan. Cari tahu fitur tambahan apa yang anda bayar sehingga anda juga dapat menentukan apakah Anda membayar dengan nilai harga terbaik untuk sewa ruang kantor anda.

Bagaimana perawatan dan permintaan perbaikan ditangani?

Apakah Anda mencari ruang kantor yang fleksibel atau serviced office murah di Jakarta, pastikan hal tersebut tertulis jika pemilik gedung mengurus semua perbaikan. Anda tentu tidak ingin ambil pusing ketika masalah perawatan apa pun muncul. Mungkin juga ada kebijakan berbeda tentang perbaikan umum dan darurat, sehingga penting untuk mengetahui keduanya.

Bisakah unit kantor dipersonalisasi?

Sewa kantor di Jakarta biasanya dilengkapi dengan perabotan lengkap tetapi anda dapat memeriksa secara langsung dengan pemilik dan perjanjian sewa mengenai penyewaan dekorasi dan personalisasi. Anda akan ingin mengetahui hal ini sebelum melakukan hal-hal seperti lukisan dan rak gantung atau karya seni di dinding, karena beberapa kebijakan lebih ketat dan Anda mungkin menghadapi penalti karena melanggar kebijakan tersebut. Kapanpun anda ragu, tanyakan kepada manajemen perusahaan atau pemilik sebelum membuat perubahan pada unit kantor tersebut.

Bagaimana cara pembayaran sewa dan kapan jatuh tempo?

Cari tahu bagaimana anda dapat melakukan pembayaran sewa, baik online atau cek yang anda perlukan untuk diantar ke lokasi tertentu. Ini membantu membuat proses lebih lancar dan lebih jelas untuk kedua belah pihak, jadi tidak akan ada miskomunikasi atau perselisihan. Anda juga harus melihat kapan sewa jatuh tempo sesuai dengan sewa anda, dan periksa apakah ada masa tenggang pada pembayaran sewa sehingga Anda tidak akan telat membayar sewa dan dikenakan denda keterlambatan.

Apabila anda tahu lebih banyak tentang pertanyaan yang harus ditanyakan sebelum menandatangani kontrak, anda akan terlindungi dengan lebih baik terhadap kejutan berbagai hal mendadak yang tidak menyenangkan saat memulai sewa. Sangat penting untuk mendapatkan jawaban atas semua pertanyaan dan keraguan anda sebelum menyetujui persyaratan karena akan ada sedikit jalan untuk berdebat nanti. Dengan mengajukan pertanyaan di atas, anda akan memiliki gagasan yang lebih baik tentang apa yang anda dapatkan dan semoga memiliki pengalaman sewa anda terbebas stres.